Jumat, 04 April 2014

Kongres Anak Daerah Kabupaten Bangka Barat Tahun 2014

Sabtu, 29 maret 2014 yang lalu merupakan hari pertama yang diikuti oleh dua orang perwakilan siswa/siswi SMP Negeri 3 Muntok, Rico Fajar Septian (8.a) dan Balqis Fadillah (7.a) dalam rangka acara Kongres Anak Daerah Kabupaten Bangka Barat Tahun 2014. Acara yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Pemerintahan Desa  Kabupaten Bangka Barat ini dilaksanakan mulai tanggal 29 maret sampai dengan 31 Maret 2014 dan bertempat di hotel Pasadena ini mengundang seluruh perwakilan setiap sekolah SD maupun SMP di Kabupaten Bangka Barat.

Hari pertama sekaligus acara pembukaan, para peserta mendapat bekal berupa tas dan baju kaos. Acara Kongres Anak Daerah Kabupaten Bangka Barat ini dibuka oleh perwakilan dari Bupati Bangka Barat dan dihadiri oleh Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat, perempuan dan pemerintahan desa serta kepala BKKBN dan Ibu-Ibu PKK. Setelah itu perwakilan dari Siswa/siswi SMP Negeri 3 Muntok mendengarkan informasi tentang "Konvensi Hak Anak". Acara malam harinya, para peserta dihibur oleh Pak Bowo yang berasal dari ibukota Jakarta dengan permainan sulap dan sekaligus memberi informasi tentang kewajiban bangsa atas haknya untuk anak Indonesia.

Tanggal 30 maret 2014 acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Aris Merdeka Sirait yang merupakan Sekjen Komnas Anak tentang 10 (sepuluh) hak-hak anak serta diisi dengan lagu-lagu yang menyenangkan. acara itu juga dihadiri oleh Kapolres Bangka Barat. masih ditanggal yang sama pada siang harinya, para peserta dihibur oleh Ibu Ayi dari Pangkal Pinang dengan penampilan sulap dan hipnotisnya. dan Pada hari yang sama para peserta melakukan tur ke kecamatan Parittiga. Disana para peserta berkunjung ke perternakan sapi di Desa Air Kuak, Kecamatan Jebus. Di desa ini semua fasilitasnya tersedia mulai dari transportasi anak sekolah, tidak ada lagi anak yang putus sekolah, tidak ada lagi yang hamil di usia sekolah/muda dan masih banyak lagi yang lainnya. Pada sore harinya para peserta kembali lagi ke hotel dan malam harinya para peserta dikunjungi oleh Ibu Hj. Dwi Aryani, SH selaku Istri Bupati Bangka Barat dan beliau juga menyampaikan tentang anak Bangka Barat yang berani mandiri dan percaya diri.

Tanggal 31 maret 2014 merupakan kegiatan pada hari terakhir para peserta Kongres Anak Daerah Kabupaten Bangka Barat dan pada hari itu diadakan pemilihan Duta Anak Tahun 2014. Acara ditutup oleh perwakilan dari Bupati Bangka Barat dan penandatangan pembagian uang transport (lumayan buat isi kantong).

Written by Rico Fajar Septian (8.a)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar