Selasa, 03 Juni 2014

Pentingnya Pendidikan



Seorang guru di sekolah mengatakan bahwa berfikir adalah pendidikan. Berfikir, membuka pintu fikiran kita dan membuat kita menerima gagasan dalam memperluas cakrawala kita dan belajar hal-hal baru. Tapi mengapa penting untuk belajar hal-hal baru? Mengapa penting untuk membuka cakrawala kita? Apa pentingnya pendidikan sebenarnya?

                Jawaban atas pertanyaan diatas terletak dalam diri kita semua. Kita menganggap pendidikan sebagai komoditas yang didambakan. Jika kita melihat orang besar berbicara, akan terasa dalam cara mereka berbicara dan pendapat yang mereka kemukakan. Ini adalah reaksi alami untuk mereka. oleh karena itu sangat mudah untuk menyimpulkan bahwa pendidikan mengarah kek keberhasilan. Tapi itu tidak semua. Pentingnya pendidikan di masyarakat saat ini berjalan lebih dalam dari sekedar keberhasilan dalam hal duniawi.

                Pendidikan melepaskan kita dari kungkungan pikiran kita dan memaksa kita untuk berfikir dan mempertanyakan suatu hal. Hal ini membuat kita sadar akan hak-hak di masyarakat. Dengan demikian memberi kita kekuatan untuk tidak diperbudak, baik pikiran atau tindakan.

Membuka Pikiran

                Pendidikan membuat kita membuka wawasan luas. Bahkan, tidak ada waktu yang lebih baik selain untuk memahami konsep ini. Hal ini memungkinkan kita untuk mengetahui tentang budaya yang berbeda atau peristiwa yang terjadi di ujung dunia sekalipun.

                Sebagi contoh jika kita melihat bahwa masyarakat di beberapa bagian lain di dunia telah mencoba sesuatu yang baru. Maka kita mungkin juga mulai melakukan hal yang sama. 

                Pendidikan dapat mengubah proses berfikir kita menjadi lebih baik, karena itu membantu dalam membuat kita lebih terarah dan menerima.

Membentuk Dasar Masyarakat

                Pendidikan menambah pengetahuan dimana membuat penemuan dan menerapkannya untuk kemajuan masyarakat. Mungkin pertumbuhan masyarakat tergantung pada kualitas pendidikan yang disampaikan dengan baik kualitasnya. Orang-orang yang lebih baik dapat belajar dan memanfaatkan bahwa pendidikan untuk membentuk reformasi yang mengarah pada penelitian dan pengembangan.
“Pendidikan tidak menjamin nasib seseorang. Pendidikan menjamin cara berfikir otak”.

Dasar Untuk Anak

                Pendidikan yang tinggi menyediakan visi yang jelas lebih dari segala hal, membuat tujuan seseorang lebih jelas dan membuat orang lebih mudah menerima perubahan. Itu yang membuat orang berfikir rasional, menemukan dalam iringan kemampuan untuk berfikir dan bertanya. Pentingnya pendidikan melampaui program pemberantasan buta huruf. Hal ini jauh lebih dalam karena menandakan suatu cara bagaimana orang itu hidup dan berfikir.

Written by : Selvi Y S (VIII A)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar